♥ Bismillah...."Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)," Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) dg ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. "(HR. Ath-Thabrani)

Kamis, 10 Maret 2011

♥ Muffin Selai Nanas (Pineapple Jam Muffin) ♥

Punya selai yang tidak habis terpakai atau bosan hanya untuk olesan roti tawar? Punya tepung terigu? Dengan sedikit kreatifitas dan usaha kedua bahan itu bisa anda kreasikan menjadi muffin selai yang lezat. Membuatnya mudah dan hasilnya cukup memuaskan.  Untuk resep yang ini saya menggunakan selai nanas. Rasa selai nanas yang asam segar, lezat sekali bercampur dengan muffin yang moist dan lembut. Hmm! 

Resepnya saya adaptasikan dari Muffin Keju Lemon yang pernah saya posting sebelumnya. Begitu flexibel-nya adonan muffin sehingga ditambahkan isi apa saja tetap lezat. ..



Anda bisa menggunakan selai buah lainnya selain nanas, seperti strawberry, raspberry, blueberry. Cari selai yang terbuat dari buah supaya rasa masam segarnya pas berkolaborasi dengan muffin yang manis. Untuk glazur-nya, supaya muffin anda cantik olesi permukaannya dengan selai yang diencerkan dengan sedikit air kemudian panggang sebentar hingga selai agak mengering dan berkilau.

Tipsnya, setelah selai dimasukkan ke dalam adonan muffin, aduk seperlunya saja sehingga selai masih agak menggumpal tujuannya agar tekstur selai masih terlihat.

Yuk kita buat.

Muffin Selai Nanas (Pineapple Jam Muffin)
Resep diadaptasikan dari All Recipes.com, Bacon Cheese Muffins

Untuk 12 buah muffin
Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna
- 100 gram gula pasir
- 3 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur
- 235 ml susu cair
- 75 gram mentega, cairkan
- 200 gram selai nanas botolan

Bahan pengoles:
- 2 sendok makan selai nanas
- 4 sendok makan air matang

Semua bahan pengoles diaduk rata

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 190'C. Siapkan loyang muffin olesi dengan mentega dan tepung terigu atau mangkuk kertas masing-masing dua lapis, ketika kue matang lapisan kertas terluar yang kotor kita singkirkan.

Ayak bahan kering, tepung terigu, baking powder, garam. Sisihkan.

Kocok lepas telur menggunakan kawat pengocok atau garpu, masukkan gula pasir, kocok hingga rata. Tambahkan mentega cair. Aduk rata.

Masukkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian ke dalam larutan telur, aduk seperlunya hanya agar adonan basah dan tercampur. Jangan mengaduk terlalu lama dan kuat hingga adonan halus. Biarkan gumpalan-gumpalan adonan seukuran kacang tanah. Adonan muffin harus kental dan agak bergumpal. Terlalu banyak mengaduk akan membuat muffin bantat. 


Masukkan selai nanas, aduk seperlunya dan biarkan selai agak bergumpal sedikit agar memberikan tekstur pada muffin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin atau kertas cupcakes menggunakan sendok es krim agar ukuran adonan sama. Masukkan adonan hanya setinggi 3/4 cetakan saja karena muffin ketika dipanggang akan mengembang.


Panggang muffin selama + 30 - 40 menit atau hingga permukaan muffin kuning keemasan dan mengeras. Jika bagian tengah adonan kita tusukkan dengan lidi maka tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan muffin dari oven, oleskan dengan selai nanas yang diencerkan dengan air hingga menutupi seluruh permukaan muffin. Panggang kembali muffin + 5  menit atau hingga selai nanas mengeras. 


Keluarkan muffin dari oven, biarkan dingin dan keluarkan dari cetakan. Muffin siap disajikan.

Sources:
All Recipes.com, Bacon Cheese Muffins

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters
free counters