♥ Bismillah...."Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)," Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) dg ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. "(HR. Ath-Thabrani)

Kamis, 10 Maret 2011

♥ Bagaimana Membuat Homemade Susu Kacang Kedelai? ♥

Membuat susu kacang kedelai sendiri sementara di luaran banyak yang menjualnya? Merepotkan. Pasti kata itu yang pertama kali melintas di benak anda. Tetapi tahukah anda walaupun prosesnya panjang tetapi hasilnya sangat worthed? Selain lezat, dengan membuatnya sendiri anda bisa menjaga higienitas dan kemurniannya. Saya pernah melihat berita di satu stasiun televisi bahwa banyak susu kacang yang dijual di luaran tidak murni terbuat dari kacang kedelai, beberapa diantaranya dicampur dengan kapur. Bisa anda bayangkan, jika susu kacang seperti ini dikonsumsi terus menerus? Bukan sehat yang anda peroleh tetapi berbagai penyakit, salah satunya adalah batu ginjal datang menyerang...

Jadi, jika anda memang menggemari susu kacang kedelai, pastikan anda membelinya di penjual susu kacang yang terpercaya dan anda tahu sendiri proses pembuatannya. Atau seperti yang saya lakukan, membuat sendiri di rumah. Dengan peralatan sederhana, karena saya tidak memiliki soy milk maker, susu kacang yang lezat dan murah meriahpun bisa anda sajikan di rumah.


Jika anda telah mencoba membuatnya sendiri di rumah hanya saja  agak kecewa karena bau langu yang biasanya mengikuti susu kedelai atau ternyata susu membentuk endapan walaupun telah disaring, maka saya punya tips untuk mengatasinya, dengan cara ini susu kedelai bebas endapan dan bebas bau.
  1. Rebus kedelai terlebih dahulu sebelum di haluskan
  2. Tambahkan wijen dan blender bersama-sama dengan kedelai, untuk susu kedelai wijen anda bisa klik websitenya disini.
  3. Saring menggunakan kain halus, saya menyaringnya 3 kali, 2 kali saat susu belum direbus kemudian saring sekali lagi saat susu telah direbus dan dingin.
  4. Karena tidak menggunakan bahan pengawet sebaiknya susu hanya menginap satu malam saja di dalam kulkas.  
  5. Di literatur yang saya baca, untuk mengentalkan susu bisa ditambahkan oatmeal atau quick oat pada saat diblender sebanyak 1 atau 2 sendok makan (saya belum mencobanya), anda bisa klik websitenya disini.
Untuk varian rasanya, supaya tidak bosan anda bisa menambahkan vanilla, bubuk coklat,  cappuccino, pandan atau essence jeruk. Sebagai bahan pemanisnya, untuk anda yang menghindari gula maka gunakan saja madu.  Semakin sedap kan? 

Yuk kita intip cara membuatnya.
Susu Kacang Kedelai
Resep diadaptasikan dari Vegan Yum Yum, Homemade Organic Soy Milk

Peralatan yang diperlukan:
- Blender
- Kain bersih untuk menyaring
- Saringan besi atau plastik
- Baskom
- Panci
- Botol kaca yang bersih untuk menyimpan susu

Bahan:
- 300 gram kedelai
- 2 liter air bersih
- 200 gram gula pasir (terserah anda)
- 2 sendok makan wijen untuk menghilangkan bau langu kedelai

Cara membuat:
Pertama-tama cuci bersih kedelai, kemudian rendam kedelai  dengan air yang cukup banyak, karena kedelai sangat menyerap air jadi pastikan airnya tidak kurang supaya kedelai mekar sempurna. 


Rendam minimal 6 jam atau semalaman. Ganti airnya jika terlihat mulai berbusa. Jika anda terlanjur merendam kedelai sementara belum memiliki waktu untuk membuatnya, masukkan saja kedelai yang terendam air ke dalam kulkas.


Gosok-gosok kedelai dengan kedua permukaan telapak tangan hingga kulitnya mengelupas, kita tidak akan menyertakan kulit ini ke dalam susu, selain menyulitkan ketika proses penghalusan juga membuat ampas kedelai menjadi kasar. Semaksimal mungkin buang kulit arinya, saya tahu ini agak menyulitkan jadi lakukan semampu anda. 


Tiriskan kedelai. Masukkan ke dalam panci tambahkan air hingga menutupi permukaan kedelai. Rebus hingga air mendidih, angkat. Fungsinya adalah untuk memblanching kedelai sehingga mengurangi bau langu yang biasanya ada pada susu kedelai. Tiriskan.

Masukkan separuh kedelai ke dalam blender, beri 500 ml air bersih dan 1 sendok makan wijen. Proses hingga halus. Tuangkan ke dalam baskom atau wadah penampung lainnya.  Ulangi proses pada sisa kedelai, blender kedelai dengan menambahkan 500 ml air + 1 sendok makan wijen. 


Saring bubur kedelai dengan menggunakan kain bersih, sebaiknya gunakan kain yang tipis dan halus supaya susu mengalir lancar. Karena saya tidak memilikinya maka saya menyaringnya menggunakan serbet bersih, kainnya agak tebal sehingga memerlukan waktu agar susu mengalir lancar. Peras hingga tidak ada air susu yang keluar. Proses kembali ampas kedelai di blender dengan menambahkan 1 liter air, kemudian ulangi proses menyaring.


Ampas kedelainya bisa anda olah menjadi makanan yang lain, saya menambahkan wortel parut, telur, tepung terigu, cabai dan bumbu, kemudian digoreng dalam minyak panas. Jadi deh lauk teman makan nasi :). Lezat.


Susu kedelai yang terkumpul di masukkan ke dalam panci tapi untuk memastikan supaya susu benar-benar halus bebas endapan, saring sekali lagi saat susu kedelai anda tuangkan ke panci. Saya menggunakan saringan teh kecil.

Rebus susu kedelai dengan menggunakan api kecil, tambahkan gula dan essence lainnya (pandan, coklat, lemon) jika suka. Aduk-aduk selama proses perebusan supaya susu tidak pecah. Rebus hingga mendidih, biarkan mendidih selama 2 - 3 menit sambil diaduk agar susu masak hingga tanak, gunanya supaya susu tidak cepat basi. Angkat dan dinginkan.


Saat susu mendingin saring susu sekali lagi, karena pada saat dingin akan muncul lapisan tipis diatas permukaannya. Lapisan tipis ini bisa dimakan, jika di pabrik pengolahan tahu besar lapisan ini diolah menjadi kulit kembang tahu. 

Nah, susu kedelai kita siap untuk dinikmati. Rasanya lezat dan tidak langu lho.  

Sources:
Vegan Yum Yum, Homemade Organic Soy Milk 
Soy Milk Maker, Soy Milk Recipes 
Supreme Master Television, Susu Kedelai Wijen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters
free counters