♥ Bismillah...."Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)," Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) dg ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. "(HR. Ath-Thabrani)

Rabu, 16 Maret 2011

♥ Menjahit 'Dompet Resleting Bolak Balik ♥

Menjahit 'Dompet Resleting Bolak Balik'


Kangen menjahit, hari minggu kemarin aku membuat 'Dompet Resleting Bolak Balik ini. Bedanya dengan Dompet Resleting biasa, kain lapisan dalamnya dipasang sekalian. Bolak-balik menggunakan bahan yang beda. Gimana caranya bikinnya? Aku coba bikin tutorialnya...

Pertama-tama, siapkan masing-masing sepasang kain bagian luar dan dalam (bisa beda warna dan corak) resleting dan juga kain untuk membuat tali pegangan yang sama dengan kain bagian dalam. Ukuran disesuaikan dengan panjang resleting.


Jahit kain untuk pegangannya, lalu balikkan seperti pada foto.


Susun kain untuk dompet bagian luar (di paling atas), resteling di tengah (muka resleting menghadap ke atas), dan paling bawah adalah kain bagian dalam dompet.

Jahit ketiganya. Ujung-ujung resleting, di tarik ke dalam. Jika dibalik nanti hasilnya jahitannya seperti pada foto.

Jahit bagian satunya lagi dengan mengulang tahapan sebelumnya. Setelah seluruh kain bagian dalam dan luar terjahit dengan resletingnya, hasilnya akan seperti pada foto.

Setelah itu, jahit bagian samping dompet untuk menyatukannya. Batas jahitan, sesuai dengan ujung-ujung resleting.

Jangan lupa untuk memasukan pegangan dompet, di salah satu bagian samping dompet dengan memasukan tali tersebut di salah satu bagian samping kain bagian luar dompet. Untuk lebih jelasnya lihat foto.


Setelah selesai menjahit bagian samping dompet, kemudian jahit bagian bawah dompet, dengan menutup bawah kain dompet bagian depan. Jahit dari ujung ke ujung.

Untuk memberi volume pada dompet, temukan antara jahitan samping dengan jahitan bawah, sehingga membentuk segitiga seperti pada foto, kemudian jahit ujungnya.

Setelah dijahit ujung-ujungnya, maka hasilnya akan terlihat seperti ini.


Terakhir, jahit bawah kain dompet bagian dalam. Sisakan lubang di bagian tengahnya untuk membalikkan dompet.


Setelah di balik maka dompet akan seperti ini. Tutup lubang bawah kain bagian dalam. Bisa menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.

setelah itu, masukan kain bagian dalam dompet dan selesailah sudah dompet resleting bolak-balik ini.

Semoga deskripsi instruksinya dan foto-foto tahapannya cukup jelas ya..
Selamat membuat :)

http://designbyvitarlenology.blogspot.com/2010/07/menjahit-dompet-resleting-bolak-balik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters
free counters