♥ Bismillah...."Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)," Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) dg ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. "(HR. Ath-Thabrani)

Minggu, 20 Februari 2011

♥Adab dan Akhlaq: Bila Salah Satu Sandal Rusak/Putus ♥

                                                                                                                 Bismillah..

Pertanyaan:

Jika sandal seseorang putus ditengah jalan, apa yang harus ia kerjakan?

Jawaban:

Tidak diperbolehkan ia berjalan dengan satu sandal, sedang kaki yang satu tidak memakai, namun hendaknya ia memperbaiki yang rusak kemudian memakainya atau sama sekali tidak memekai sandal. Berjalan tanpa alas kaki terkadang disunnahkan. Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Janganlah seseorang diantara kalian berjalan dengan satu sandal, hendaklah ia memakai semuanya atau melepaskan semuanya.” (HR. Bukhari 5518)

Alasan pelarangan tersebut menurut pendapat yang benar dari beberapa pendapat yang di kemukakan oleh Ibnul ‘Arabi dan selainya,” Karena berjalan dengan satu sandal merupakan cara berjalan setan.(Fathul Baari 10/310)

Dalilnya, dari Abu Hurairah رضي الله عنه, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

“Sesungguhnya syetan berjalan dengan satu sandal.” (Silsilah Ash-shahihah 348)

Disalin dari kitab “ Fiqih Darurat” oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajid, Penerbit Inas Media. (dengan sedikit perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters
free counters