♥ Bismillah...."Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)," Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) dg ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. "(HR. Ath-Thabrani)

Rabu, 10 Maret 2010

♥ Cake Kukus Pisang Coklat Keju ♥

Cake Kukus Pisang Coklat Keju


Pisang, sepertinya jika diolah menjadi roti atau kue maka seakan tidak lepas dari coklat dan keju. Tidak heran, karena perpaduan ketiga bahan ini memang menghasilan rasa yang pas dan lezat sehingga penggemarnya pun melimpah. Tengok saja roti bakar pisang coklat keju atau roti manis isi pisang coklat atau pisang keju atau pisang coklat keju. Nah, begitupun cake kukus yang ini. Resep aslinya sebenarnya hanya cake pisang dengan tambahan coklat meses saja, tetapi supaya lebih dari biasa dan rasanya lebih mantap maka saya menggunakan keju parut sebagai tambahannya. Untuk coklat mesesnya saya ganti dengan pasta coklat, anda bisa juga menggantinya dengan coklat bubuk. Hasilnya adalah cake yang lezat dan gurih dengan rasa keju dan coklat yang mantap...

Untuk cake kukus ini pilih pisang yang lembut dan manis, misalnya pisang ambon, barangan, cavendish, raja kuning atau pisang emas. Haluskan menggunakan garpu, tidak perlu diblender. Karena daging pisang yang lunak dan lembut tidak merusak tekstur kue sama sekali. Saya membagi adonan menjadi dua, satu bagian saya campur dengan pasta coklat dan bagian lainnya saya beri keju parut. Untuk penataannya di loyang, semakin anda kreatif maka kue yang dihasilkan akan semakin cantik. Mungkin anda bisa mencoba membuat motif layer atau motif marmer atau jika kreatifitas anda nol dan no have idea seperti saya, maka motif acak adul ini bisa menjadi pilihan :)

Sebagaimana pernah saya tulis sebelumnya di  cake kukus postingan yang lalu, beberapa poin penting untuk membuat cake kukus yang sukses antara lain:
  • Pastikan baking powder anda fresh dan berkualitas (tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan baking powder yang anda sendiri tidak pasti masa kedaluarsanya). Percayalah, baking powder ini menentukan peran yang sangat penting agar kue anda mengembang dengan baik. Jadi jangan menyepelekannya.
  • Suhu telur yang digunakan adalah suhu kamar/ruang, jika telur ayam yang akan  anda gunakan baru saja keluar dari kulkas maka biarkan dulu agar suhunya normal. Atau jika mau cara cepat seperti saya, biasanya saya rendam telur dengan air hangat sebentar. Suhu telur yang dingin (baru saja keluar dari kulkas) akan membuat telur tidak maksimal mengembang ketika dikocok.
  • Kocok gula dan telur hingga mengembang dan berwarna putih, tahapan ini biasa disebut ribbon stage. Pada kondisi ini adonan telur terlihat kental dan ketika spatula kita gerakkan membentuk angka delapan pada permukaan kocokan telur maka angka tersebut akan terbentuk sejenak untuk kemudian menghilang.
  • Masukkan tepung dan adonan pisang secara bertahap sedikit demi sedikit, biasanya saya akan bagi menjadi tiga tahapan, dan memastikan setiap tahapan tercampur rata sebelum ditambahkan tahapan berikutnya. Kemudian adonan saya aduk seperlunya saja, tidak berlebihan, karena ketika tepung telah tercampur dengan cairan maka akan membentuk gluten, semakin banyak mengaduk maka gluten akan semakin mengeras. Cake menjadi bantat.
  • Panaskan dandang sebelum cake dikukus, ini agar suhu dandang stabil. Gunakan api sedang. Tutup permukaan dandang dengan kain lap bersih yang mampu menyerap uap air. Jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus dalam waktu 45 - 50 menit. Karena proses yang cukup lama ini maka pastikan air dalam kukusan mencukupi.

Yuk, kita langsung buat saja.


Cake Kukus Pisang Coklat Keju 
Resep diadaptasikan dari Ayah-Bunda Online - Cake Pisang Kukus

Untuk 1 buah cake, menggunakan loyang 23 x 9 cm

Bahan: 
- 200 gram tepung terigu serba guna
- 1 1/2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek tanggal kedaluarsanya)
- 1/4 sendok teh garam
- 4 butir telur ayam, suhu ruang
- 175 gram gula pasir
- 1 sendok teh SP/Ovalet (saya tidak pakai)
- 300 gram pisang ambon/raja/emas (saya menggunakan pisang ambon), lumat dengan garpu hingga hancur (resep asli 200 gram)
- 100 gram mentega (resep asli 150 gram)
- 100 gram keju cheddar parut, saya pakai Kraft Cheddar (resep asli tidak menggunakan keju)
- 3/4 sendok teh pasta coklat atau 1 1/2 sendok teh coklat bubuk (resep asli menggunakan meses sebanyak 75 gram)
- 1 buah pisang, diiris melintang tipis untuk hiasan

Cara membuat: 
Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburi tepung. Sisihkan.

Ayak tepung terigu, garam dan susu bubuk, sisihkan.

Menggunakan panci kecil, cairkan mentega, biarkan agak dingin kemudian tuangkan ke dalam lumatan pisang. Aduk rata.



Siapkan mangkuk mixer, menggunakan kecepatan rendah, kocok gula pasir dan telur hingga tercampur kemudian rubah kecepatan menjadi tinggi dan kocok hingga mengembang dan  berwarna putih. Matikan mixer. 


Masukkan tepung dan bubur pisang sedikit demi sedikit secara bergantian ke dalam kocokan telur. Pastikan setiap bagian tercampur rata sebelum dimasukkan bagian tepung dan pisang berikutnya. Aduk perlahan dengan spatula, jangan terlalu berlebihan mengaduk. Seperlunya saja, hanya agar menjadi adonan yang basah dan tercampur.



Bagi adonan menjadi 2 bagian.Masing-masing dengan berat + 450 gram.



Beri adonan pertama dengan parutan keju, aduk rata. Sementara bagian kedua kita masukkan pasta coklat, aduk rata.



Tata irisan pisang pada bagian tengah dasar loyang. Masukkan adonan coklat dan adonan keju secara bergantian. Gunakan kreatifitas anda untuk membuat pola, saya hanya menjatuhkan adonan coklat dan keju secara acak saja. Lakukan hingga adonan habis.



Siapkan dandang pengukus, beri air agak banyak. Panaskan hingga air dalam kukusan mendidih, masukkan loyang berisi adonan. Tutup permukaan kukusan dengan kain lap bersih yang mampu menyerap air, karena jika tidak terserap maka kelebihan air akan menetes ke cake, dan cake menjadi berlubang-lubang. Kemudian tutup dengan penutup dandang. Kukus cake selama minimal 45 menit. Jangan buka penutup kukusan selama pengkusan, cake akan gagal mengembang.



Jika telah matang, keluarkan cake. Biarkan dingin di loyang selama 5-10 menit. Keluarkan dari loyang dan dinginkan sempurna sebelum cake anda potong-potong untuk disajikan. 

Selamat mencoba.

Source: 
Ayah-Bunda Online - Cake Pisang Kukus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters
free counters